1
1

pernahkan kalian membuat sebuah posting atau artikel pada blog dan kalian merasa kesal dengan perataan tulisan yang tidak rapi??? setiap kali akan meratakan tulisan maka kalian harus memblok semua tulisan dan memilih "rata penuh / align-justify".
pada pengaturan dasarnya blogger mengatur tulisan pada rata kiri, nah kan kalian pasti menginginkan tulisan yang rapi, baiklah saya akan memberi tips untuk mengatur perataan rata kiri-kanan/rata penuh"justify" menjadi pengaturan default pada blog kalian, jadi kalian tidak usah susah payah untuk meratakan tulisan lagi saat akan membuat tulisan / artikel kalian.

kalian harus melakukan sedikit perubahan kode CSS pada blogger.
langkah awal masuklah ke DASHBOARD >> TATA LETAK >> EDIT HTML.
kemudian carilah kode css bagian POST yang pada template standar blogger biasanya diberi keterangan seperti dibawah ini:


/* Posts
--------------- */

atau cari saja kode dibawah ini jika tidak menemukan kode diatas

/* Posts

kemudian sedikit turun kebawah, cari CSS yang berawalan .post { dan isinya biasanya akan seperti dibawah ini:

.post {
margin:.5em 0 1.5em;
border-bottom:1px dotted $bordercolor;
padding-bottom:1.5em;
}

perhatian :
di setiap template akan berbeda beda isinya, nah agar postingan kita automatis menjadi rata kiri kanan maka kita tambahkan kode text-align: justify; sebelum kurung kurawal penutup,sehingga kodenya menjadi seperti berikut ini:

.post {margin:.5em 0 1.5em;
border-bottom:1px dotted $bordercolor;
padding-bottom:1.5em;
text-align: justify;
}

kemudian simpan dan lihat hasilnya, langsung praktekan dengan membuat sebuah posting dan jangan diberi efek rata tengah,kiri,atau kanan, biarkan saja apa adanya, setelah itu kalian terbitkan, dan lihatlah hasil dari karyamu tadi akan secara otomatis akan menjadi rata penuh"justify".
sedikit tambahan, jika kalian ingin merubahnya menjadi rata tengah,kiri, atau kanan, maka kalian tinggal mengganti tulisan "justify" pada kode CSS yang telah dibahas diatas menjadi "left" "center" ataupun "right" sesuai keinginan kalian.
semoga bermanfaat, dan jika ada pertanyaan silahkan cantumkan di kolom komentar.

www.gudangenam.blogspot.com

  1. Pesan Gw : Komentar Anda Sangat Berarti Untuk Perkembangan BLOG ini...

0 komentar:



Posting Komentar